Kamis, 01 Februari 2018

Penjelasan VoIP dan PBX Server Softswitch






Apa itu VoIP?

VoIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket data dan bukan lewat jalur sirkuit analog biasa.



Apa sebenarnya fungsi dari VoIP ini?

Berikut paparannya :
Ketika pelanggan gateway dan telepon IP mengirimkan sinyal satu sama lain dalam paket jaringan dengan menggunakan protokol IP telepon seperti H.323 atau SIP. Sebuah sinyal diterima, softswitch akan mengidentifikasi jaringan yang masuk apakah berasal dari jaringan PSTN atau jaringan IP. Jika dipanggil menggunakan jaringan IP, softswitch akan menginstruksikan originating dan terminating costumer gateway untuk merutekan packetized vice stream secara langsung. Softswitch mengontrol setup dan release panggilan dari dan ke pelanggan, sekaligus mengatur gubungan oelanggan tersebut dengan internet secara simultan.



Cara Kerja beserta Diagram VoIP




Seperti gambar diatas, cara kerjanya ialah mengubaj suara analog yang didapatkan dari speaker komputer menjadi paket data digital. Kemudian PC diteruskan melalui Hub / Router / Telepon ADSL dikirimkan melali jaringan internet dan akan diterima oleh temapat tujuan melalui media yang sama.





Apa itu PBX?

PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang digunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasi internet perusahaan tersebut.




Bagaimana cara kerja server PBX Softswitch?

Sebuah sistem IP PBX terdiri daru satu atau lebih telepon SIP. Server IP PBX dan secara opsional VoIP gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP Server mirip dengan cara kerja proxy server ; Klien SIP baik berupa softphone atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan, mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar pengguna dan semua alamat pengguna yang sesuai dengan SIP mereka. Dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VoIP atau penyedia layanan VoIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar